Minggu, 15 April 2012

cara memproteksi postingan blog

Hallo, apa kabar kawan blogger semuanya?
Hehe, jangan pernah bosan mendapat salam seperti ini ya? Karena pada dasarnya hidup kita ini akan lebih aman, nyaman, dan tentram dengan 5 S! apa saja itu? Senyum, salam, sapa, sopan, dan santun. Sehingga, bukankah menyampaikan sapaan itu salah satu upaya kita untuk menebar kebaikan? Iya kan?



Berlanjut, apa nih materi panduan belajar kita pada kesempatan ini? Yup, jika sebelumnya kita sudah belajar mengenai pentingnya membudidayakan sikap anti copas postingan dari blog lain, kini saatnya bagi kita untuk membahas bagaimana trik untuk mencegah agar postingan dalam blog kita tidak dapat di bajak oleh orang lain! Apakah bisa? Tentu saja, hal itu sangat mudah jika kita sudah mengetahui caranya. Bagaimana caranya? Yuk kita bahas saja bersama-sama.

Urutan langkah yang perlu untuk kita lakukan adalah sbb;

  1. Masuk dalam akun blogger kita.
  2. Klik fitur rancangan dan klik tambah gadget pada bagian sidebar blog atau tempat lain yang kita inginkan.
  3. Pilihlah HTML/Java Script.
  4. Masukan kode di bawah ini ke dalamnya, lalu simpan.

<script type="text/javascript">
var omitformtags=["input", "textarea", "select"]
omitformtags=omitformtags.join("|")
function disableselect(e){
if (omitformtags.indexOf(e.target.tagName.toLowerCase())==-1)
return false
}
function reEnable(){
return true
}
if (typeof document.onselectstart!="undefined")
document.onselectstart=new Function ("return false")
else{
document.onmousedown=disableselect
document.onmouseup=reEnable
}
</script>

Selesai.

Kini postingan dalam blog kita akan terbebas dari ancaman pembajakan alias copas asal-asalan. Memang sih, terkadang ada sebagian pemilik blog yang tidak ingin isi blognya dibajak sembarangan oleh orang lain mengingat sulitnya membuat postingan tersebut. Kadang kala juga ada beberapa blog yang bersifat pribadi atau untuk kepentingan tertentu sehingga merasa perlu untuk mencegah pembajakan konten miliknya yang dilakukan oleh orang lain. Jika blog kita ingin terproteksi lebih aman dari aksi copas asal-asalan ini, ada baiknya jika kita menggunakan trik ini sebagai solusinya.

Akan tetapi, jika niat kita memang benar-benar untuk blogging, sebenarnya mengikhlaskan konten kita di ambil orang bukanlah sebuah masalah besar. Toh niat kita dalam blogging ini juga untuk membagi-bagikan pengetahuan bukan? Cuma, ada kalanya kita merasa kecewa karena dicurangi saat hasil karya kita dibajak lalu digunakan untuk mencari keuntungan pribadi oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Jadi, bagi kita yang hendak menyalin konten blog milik orang lain maka cantumkanlah sumbernya. Sebenarnya blogger itu senang untuk berbagi ko’, tapi ya tentu kita yang menyalin ini harus menghargai jerih payah mereka dengan setidaknya mencantumkan sumber aslinya. Bukankah begitu? Apa susahnya sih hanya mencantumkan sumber asli berupa link sumbernya? Mudah kan?

Jadi, jangan pernah ciderai dunia blogging dengan aksi asal copas yang tidak bertanggung jawab. Dunia blogging juga punya etika. Hargai orang lain jika kita juga ingin dihargai. Bangsa yang besar adalah bangsa yang mampu menghargai hasil karya cipta milik orang lain. Right?

Selamat berkreasi dan berkarya kawanku semua..! Jangan lupa komentar tanggapannya ya?
Salam blogging..!

5 komentar:

  1. OK ! Bro ! Sudah tak coba!
    Ya Di Widget, HTML
    dan Sukses.
    Terima kasih,

    BalasHapus
  2. ya diletakan dimana bro, thanks infonya

    BalasHapus
  3. Thanks a lot, arigato! Postingan Anda sungguh membantu. Walaupun tadi sempet bingung, berkali2 nyoba kok gagal mulu, padahal awalnya bisa. Pas ganti template malah bisa di-copas lagi postingannya. Oalah.... sempet greget bgt...! Tapi akhirnya bisa! Setelah berusaha seteliti mungkin mengecek pengetikan kodenya. Alhamdulillah...
    Salam kenal.

    BalasHapus